Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang

Posted by Mas Yuli on September 04, 2014

Raden Mas yuli - Setelah kemarin saya sempat mengulas masalah pertambangan yang berjudul Eksplorasi Emas Hitam di Kalimantan, sekarang akan saya tunjukkan beberapa bentuk dan kondisi sebuah lahan bekas tambang. Lahan- lahan ini memang sengaja di biarkan begitu saja setelah batubara yang di ambil sudah habis. Lahan ini biasanya dulu dibebaskan dari masyarakat setempat dengan harga bisa mencapai milyaran. Apalagi setelah dilakukan pengecekan oleh team survey dan geologi menemukan kandungan batubara yang jumlahnya ratusan ribu MT. Untuk melihat berikut beberapa penampakannya:
Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang

Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang


Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang

Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang

Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang



































































Berikut beberapa contoh gambar bekas tambang

















Lahan ini jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan perubahan lingkungan. seperti pencemaran air, penurunan kualitas tanah karena menjadi tandus dan gundul sehingga tumbuhan tak bisa hidup di lahan ini.
Sebetulnya pemerintah sudah mengatur undang undang untuk melakukan sebuah langkah Reklamasi setelah penambangan itu selesai. Supaya daerah yang telah di tambang dapat dikembalikan sebagai lahan produktif lagi meskipun struktur bentuk tanahnya tidak dapat kembali seperti aslinya.

Blog, Updated at: 9:02 PM

49 komentar:

  1. waahh bisa rusak tanah ini ya mas, tapi untuk kepentingan negri ini juga sih,....
    salam kenal mas, terima kasih kunjungannya ke redokusuma.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas redo, terima kasih juga mas telah mengunjungi blog saya, sukses buat mas redo....iya mas sudah banyak yang rusak, untuk negeri tapi juga harus memperhatikan kondisi tanahnya supaya tetap bisa ditanami lagi mas...

      Delete
  2. ngeliat sisa-sisa bekas penggalian tambang jadi ngeri mas, saya gak bisa ngebayangin kalo semua lahan bekas galian dibiarkan begitu saja itu gimana ya jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jadi lubang lubang besar mas, jadi kolam kolam besar, yang dapat membahayakan kehidupan ini, bisa banjir...

      Delete
  3. baru aja lihat berita di tv ttg penambangan. Katanya, susah juga meminta perusahaan tambah utk mereklamasi. Sayang banget kalau kayak gitu, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah mbak, ada sebagian perusahaan itu katanya untuk membuka pertambangan harus menyerahkan dulu jaminan reklamasi ke pemerintah, jadi nanti jika tambang itu selesai, pemerintah juga ikut bertanggung jawab buat mereklamasinya mbak, kata kawan seperti itu....

      Delete
  4. redokusuma.net menyapa mas, terima kasih atas kunjungannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, terima kasih juga atas kunjungan baliknya salam sukses ....

      Delete
  5. Intinya kayak penampung air raksasa ya raden Mas Yul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena dalemnya lobang n nggak di tutup kembali, jadi kayak danau...

      Delete
  6. Salam Mas Yuli. kunjungan balik ke Blog Sampean sekalin foll back
    Succesfull Mas. makasih sudah mau berbagi pengetahuan dengan saya
    Wah,, gambarnya agak serem ya Mas bekas Tambang itu..salam sukses Mas Yuli

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam sukses juga mas saud, terima kasih udah berkunjung dan terima kasih atas full back nya....iya mas malah ada yang lebih serem lagi dari itu mas hehe.....

      Delete
  7. Wah tambang di mana itu mas....enak kyanya buat renang panas panas gini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kalimantan mas,,,,, airnya asam mas... ntar renang di situ kalau ada buayanya gimana hehe....

      Delete
  8. dinas terkait yang memberi ijinnya pun diem ajah setelah tambang itu ngga megalirkan duit lagi ya...dibengkalaikan saja lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa perlu di strapp di tengah lapangan tuh kang

      Delete
    2. itu kan kalau upacara bendera hari senin gak pakai topi baru di strapp kang budi hihi....

      Delete
  9. Mending alih fungsikan jadi lokasi wisata aja lumayan bisa jadi tambahan penghasilan buat masyarakat sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok juga kang jionk kalau tempatnya dah seteril dan tidak ada kegiatan penambangan lagi di sekitarnya, yang penting ada perhatian dari yang bersangkutan lah jangan samapi di terabaikan nantinya....

      Delete
  10. Replies
    1. kayak habis minum air tebu aja ya kang ilham airnya di hisap sepahnya di buang hehe

      Delete
  11. Kalau di lihat dr potonya, kayak danau yg bagus. Tapi apa program penanaman pohon yg konon dijadikan dalam klausul saat ijin eksplorasi itu bnyk yg gak direalisasikan ya mas?
    #ikut tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas, saya juga kurang tahu tetapi yang saya tahu di perusahaan yang pernah saya ikuti itu ada nominal yang harus diserahkan ke yang bersangkutan untuk jaminan, tetapi tidak langsung bayarnya, secara bertahap. nah inikan masih aktif, mungkin nanti kalau memang sudah bener bener selesai diharapkan ada penanaman pohon itu.

      Delete
  12. Kelakuan yg kayaj ginj emang perlu segera ditindak ya mas...
    Seneng Ngeruk dalemannya doang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om di tindak yang memang bener salah hehe....

      Delete
  13. ini ibarat buah simalakama, digali bikin usak, nggak digali sayang sama hasilnya...

    ReplyDelete
  14. waahh bisa-bisa rusak nie tanah nya....

    mampir ya diblog saya,

    ReplyDelete
  15. sayang banget, jadi rusak lingkungannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bu rusak, kalau tidak di tanggulangi dengan benar, meskipun di tanggulangi kan tidak seratus persen bisa kembali seperti semula, tetapi seenggaknya jika di kelola dan di reklamasi bisa jadi lebih baikan.

      Delete
  16. tentu semua blogger mau sukses ya sob dan tentu juga berkeingnan utntuk berpenghasilan besar. terima kasih atas artikelnya dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga om ibrahim sukses selalu......

      Delete
  17. Wah Artikel bermanfaat nih gan :)

    Cerita Update
    Lirik Lagu Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan, semoga saja bermanfaat,,,,, thanks juga udah mampir....

      Delete
  18. duh miris banget liatnya, padahal indonesia negri yang kaya akan lahan dan pertanian, nah kalo udah gitu gmna jadinya masa depan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, jadinya gimana ya saya juga nggak tau mbak nabil hehe...

      Delete
  19. Perbedaanya sangat jauh, yang awalnya indah jadi rusak
    mampir sob : info smart gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas udah mau mampir kesini, salam sukses, ya mas banyak yang udah rusak...

      Delete
  20. sayang juga klo tempat yg awalnya indah setelah utk tambang jadi berbeda dan bahaya klo sampai mencemari lingkungan sekitarnya
    kunjungi balik ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas akan saya kunjung balik dan terima kasih udah berkunjung dimari..., iya mas kalau hujan 3 hari 3 malam ada sebagian wilayah yang kena dampaknya yaitu banjir..

      Delete
  21. lubangnya dalem banget,nggak bahaya ya klo terbuka gitu
    visit back sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bahaya mas, banjir kalau hujan salah satunya

      Delete
  22. Tinggal bikin loket karcis aja, jadi deh tempat wisata

    ReplyDelete

Powered by Blogger.