Mengenal Alat Pelindung Diri di Pertambangan

Posted by Mas Yuli on March 22, 2016

Mengenal Alat Pelindung Diri di Pertambangan
masyuliono.com - Bicara tentang pertambangan tentunya tidak lepas dari prosedur keselamatan kerja. karena dalam pertambangan resiko kecelakaan sangat sangat diperhatikan dan menjadi hal utama dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Untuk itu dalam pertambangan safety adalah wajib, ketika akan melakukan suatu pekerjaan, nah dalam pertambangan di kenal yang namanya Alat Pelindung Diri atau lebih populer di singkat APD. Apa itu pengertian APD ? APD merupakan salah satu alat kendali resiko yang di terapkan atau dipakai untuk melindungi para pekerja dari bahaya cidera saat sedang melakukan pekerjaan.

Pada saat ini ada beberapa ragam alat pelindung diri untuk seseorang yang bekerja di tambang dan biasanya sudah standar prosedur di setiap perusaaan antara lain:

Kaca Mata
Bagi pekerja tambang yang memahami dan mengerti bahwa bekerja tidak memakai kaca mata dapat beresiko kecelakaan pada mata, maka mereka akan menggunakannya atas kesadarannya sendiri. misalnya pada saat mengelas, atau bekerja di medan yang berdebu maka kaca mata sangat dianjurkan untuk dipakai untuk melindungi mata.

Sepatu Safety
Biasanya untuk pekerja tambang sepatu telah didesain khusus untuk mereka dan sudah Standar Nasional Indonesia ( SNI ). sepatu telah didesain untuk melindungi dari kecelakaan yang menimpa kaki semisal paku atau benda tajam, logam Pijar, asam asam dan lainnya. Sepatu di buat dari kulit yang kuat kemudian ujung sepatu biasanya diberi lapisan besi baja untuk melindungi bagian depan kaki.

Sarung Tangan
Dalam pemakaian sarung tangan ini biasanya di sesuaikan dengan dampak atau kemungkinan jenis bahaya yang akan di timbulkan seperti tusukan, sayatan, terkena benda panas, bahan kimia, Radiasi dan beberapa bahaya lainnya.

Topi atau Helm
Topi atau Helm harus di pakai oleh para pekerja untuk mencegah timbulnya bahaya tertimpa di bagian kepala oleh benda jatuh atau melayang. Helm harus keras dan kuat tetapi tidak berat. biasanya terbuat dari plastik dan lapisan kain.

Pelindung Telinga
Biasanya pelindung telinga ini dipakai oleh para pekerja yang kerjanya di tempat super bising, seperti memakai alat berat. sehingga perlu memakai pelindung telinga agar pendengaran telinga tidak rusak.

Pelindung Pernapasan
Untuk melindungi organ vital tubuh kita seperti paru paru tetap terlindungi dari beberapa polusi seperti debu, kabut, dan partikel partikel kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. sehingga perlindungan pernapasan dengan menggunakan masker yang tersetandarisasi akan menjaga tubuh kita tetap sehat.

Demikan lah beberapa Alat pelindung diri dalam pertambangan yang bisa saya uraikan, sebetulnya masih banyak beberapa alat yang dipakai. semoga urain diatas dapat dimengerti dan dipahami.

Blog, Updated at: 9:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.