Cara mengelola keuangan bagi karyawan muda

Posted by Mas Yuli on December 26, 2016

Cara mengelola keuangan bagi karyawan muda
Bagi kamu yang masih muda dan baru mendapatkan pekerjaan, sebaiknya segera melakukan pembuatan planing untuk kehidupan anda di masa yang akan datang. Apalgi pekerjaan yang sudah mapan, serta masih single belum membutuhkan ini itu untuk biaya hidup sehari hari.

Kenapa di usia muda anda perlu segera merancang keuangan anda secepatnya, tentu saja karena semakin tahun biaya hidup tentu semakin mahal, kebutuhan hidup semakin bertambah apalagi nanti ketika sudah memiliki pasangan, kemudian anak, dan tentu biaya biaya lainnya akan muncul secara nyata.

Nah, sebaiknya anda tidak berfoya foya ketika sudah mendapatkan gaji. silahkan sisihkan sebagian uang untuk masa depan anda. Bagaiman Cara mengelolanya dibawah ini ada beberapa cara agar gaji kamu tidak habis begitu saja:

Mengendalikan Gaya Hidup
Baik, memang ketika masih muda dan single biasanya tidak kepikiran akan hal hal penting di masa depan, dengan membelanjakan gaji tanpa mengontrol, sering soping dan beli ini itu. tanpa anda sadari gaji semakin menipis hanya untuk menuruti gaya hidup. nah disitu anda harus segera mengontrol gaya hidup anda, anda harus berpikir kedepan suatu saat pasti membutuhkan biaya untuk nikah, beli rumah, sekolah anak dan lain lain. maka anda perlu setelah gajihan langsung menyisihkan uang dan di tabung.

Membuat Alokasi dana darurat
Lakukan sejak usia muda anda bahkan sejak anda mendapatkan gaji pertama, membuat anggaran dana darurat dan jangan sekali kali menggunakannya untuk keperluan lain. maksutnya dana mendadak ini dikeluarkan ketika keadaan benar benar darurat, misalnya anda harus membayar biaya kuliah lanjutan dan itu sangat penting buat karir anda maka itu bisa anda pakai. jangan karena harus membeli barang mewah kemudian anda pakai itu tidak baik.

Membuat Tabungan Pensiun sejak usia muda
Kamu bayakan jika sejak usia muda anda sudah bisa menyisihkan gaji anda untuk tabungan pensiun maka betapa enaknya hidup anda, tinggal menikmati hari tua dan tabungan pensiun anda. misalnya anda bekerja usia 20 tahun dengan gaji 5 Juta, penyisihan untuk tabungan pensiaun 1 Juta perbulan. kalau saja selama 10 tahun dan anda baru umur 30 tahun berapa nominal dana pensiun anda coba kaliakan. 120 Juta. Bisa anda bayangkan sendiri bukan dengan uang 120 juta.

Buka Bisnis Kecil Kecilan
Usia muda tidak membuat orang bingung untuk melakukan usaha, saat ini banyak usaha yang bisa dikerjakan meskipun kita kerja kantoran, bahkan hasilnya sangat menggiurkan. Anda bisa membuka bisnis kecil kecilan misalnya menjual jam tangan secara online ataupun offline dengan menawarkan kepada teman teman satu kantor. Maka dengan ketekunan bisa jadi bisnis jam tangan anda akan semakin berkembang dan malah omset bisa jadi jutaan rupiah.

Hidup Sehat
Sebagai anak muda biasanya ingin mencoba hal hal baru dan tidak sedikit yang terjerumus ke hal hal negatif seperti dugem, obat obatan serta pergaulan bebas. Saya harap kita sebagai generasi muda bangsa penerus cita cita pejuang indonesia sebaiknya pintar pintar memilih pergaulan dengan selalu menerapkan hidup sehat. tidak perlu minum minuman alkohol dan obat obatan terlarang karena itu akan merugikan kita sendiri bahkan orang lain. percayalah sudah banyak kasus anak muda yang terjerumus di dunia itu dan akhirnya adalah penyesalan. maka hindarilah itu.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengelola keuangan bagi karyawan muda yang masih enerjik dan penuh semangat semoga dapat membatu dan menambah wawasan kita.

Blog, Updated at: 10:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.