Gaji 5 Juta Belum Cukup, Adakah yang salah

Posted by Mas Yuli on January 17, 2017

Gaji 5 Juta Belum Cukup, Adakah yang salah
Hai sahabat sahabatku para karyawan swasta yang saya sayangi mudah mudahan masih memiliki mental spirit dan semangat kerja keras dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Selalu bekerja penuh rasa tanggung jawab untuk sebuah tugas mulia di hadapan Allah. Bagaimana setelah membaca tulisan saya yang berjudul Ketika Gaji tak Sesuai Dengan yang Kita Harapkan ada renungan sedikit yang bisa anda ambil atau masih merasa bahwa perusahaan tidak fair...

Kali ini saya mau sedikit bercerita tentang kisah nyata yang di alami oleh salah satu karyawan diperusahaan tempat saya bekerja dimana dia selalu bercerita bahwa gajinya tidak lah cukup dengan yang diterimanya bahkan masih harus ngutang kesana kemari bahkan saya sendiri terkadang jadi incarannya.

Karena di perusahaan ini untuk gaji saya yang membagikan maka saya tahu persih berapa nominal gaji bulanan yang diterimanya. Ya sesuai judul diatas gajinya adalah 5 juta IDR tetapi kenapa orang ini selalu bilang gaji nggak cukup dan harus casbon kesana kemari. bahkan sekawanan dikantor merasa risih dengan tindakan yang ia lakukan.

Tetapi karena masalah prifasi saya sendiri tidak mau bertanya kenapa dengan gaji segitu masih kurang, tetapi ketika ia suatu saat pinjam kesaya pernah dengan alasan istri dirumah sakit perlu tambahan biaya, okelah itu bisa kita toleran lah selama kita punya dana cadangan juga untuk di pinjamkan, karena merasa kasihan juga.

Tetapi diluar itu ia sering melakukan pinjaman ke teman teman kantor yang lain ternyata, bukan saya aja yang di mintai pinjaman dengan alasan yang berbeda beda lah. Dari hal itu saya sendiri menyimpulkan kenapa dengan gaji 5 juta dia masih kurang. Karena gaji segitu saya rasa sudah cukup besar ya karena itu bersih. Makan, mess sudah ditanggung oleh perusahaan.

Kemungkinan ada hal hal seperti ini:
  1. Karyawan ini kurang besyukur dengan apa yang di terimanya
  2. Selalu merasa kurang dengan apa yang didapatnya
  3. Tidak bisa mengatur keuangan dengan baik seperti menabung, dan mengelola anggaran dana pribadi
  4. Konsumtif
  5. Sudah menjadi sifat atau kebiasan pinjam sana sini dan tidak instropeksi diri dengan cepat.
Nah jika gaji anda 5 juta belum cukup saya rasa ada kesalahan, karena tidak bisa menempatkan diri pada posisi dimana harus berada. Jika gaji 5 juta anda sudah beli ini itu yang tidak penting ya benar saja tidak cukup. Jadilah karyawan yang cerdas, Simpanlah gaji anda sebagian untuk masa depan jangan sekali gajian langsung 70% habis entah kemana. Saya sarankan ketika gajian utamakan saving terlebih dahulu silahkan lakukan beberapa alokasi dana untuk disimpan seperti sisihkan untuk tabungan hari tua, untuk kesehatan, investasi tanah atau bangunan dll. nah setelah itu jika sudah terkumpul beberapa tahun anda bisa mengambilnya untuk keperluan yang sudah direncanakan. maka hidup anda tidak akan terbebani. Selamat pagi dan Happy Working .....

Blog, Updated at: 7:51 AM

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.