Fungsi settling pond tambang

Posted by Mas Yuli on December 12, 2017

Masih seputar pertambangan, kalau kemarin kita bahas soal pompa tambang sekarang kita bahas settling pond nya. Apa kaitannya pompa tambang dengan settling pond tambang. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas pengertiannya dulu.

Pompa tambang: pompa tambang merupakan pompa yang digunakan untuk memompa air yang berada di dalam tambang dimana air tersebut timbul karena adanya hujan, rembesan dari sekitar mata air di lokasi penambangan.

Settling pond: settling pond atau biasa di singkat setpond adalah, tempat untuk menampung sementara air tambang yang telah di pompa sebelum dialirkan ke sumber air di sekitar tambang.

Kenapa air tambang hasil pemompaan tidak langsung di alirkan atau di buang ke sumber air di sekitar penambangan? Itulah gunanya kenapa di bikinkan settling pond.

Dalam sebuah penambangan terbuka, banyak pencemaran pencemaran lingkungan yang di sebabkan dari proses penambangan tersebut, salah satunya adalah limbah air asam tambang. Air asam tambang merupakan air limbah yang memiliki kadar baku mutu di bawah standart yang ditetapkan oleh pemerintah dan tidak layak di gunakan oleh masyarakat dan dapat menimbulkan pencemaran bagi lingkungan sekitar.

Maka dari itulah pemerintah membuat peraturan dimana air tambang tidak boleh langsung dibuang ke sumber air dan harus di kelola dulu dan dimasukkan ke settling pond sampai memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan baru boleh di alirkan ke sumber air.

Bagaimana cara mengelola air asam tambang, secara singkat bisa dijelaskan sebelum di buang ke sumber air, air asam tambang di alirkan dahulu ke settling pond kemudian air di endapkan terlebih dahulu satu kali dua puluh empat jam, dengan di beri tawas untuk meningkatkan pH nya sampai sesuai dengan baku mutu yang di tetapkan, setelah itu untuk lebih mebjernihkan lagi bisa di beri kapur setelah sesuai baku mutu maka air boleh di alirkan kembali ke sumber sumber air terdekat.

Blog, Updated at: 4:38 AM

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.